Sampaikan Informasi Atau Kejadian Di Sekitar Anda Ke Redaksi Jogja Tv Melalui Sms: 085 776 561 900 / Fax: 0274-451800  Sekjen Pbb Telpon Jokowi Ajak Ikut Hadapi Tantangan Dunia  Ridwan Kamil Mengucapkan Terima Kasih Karena Telah Diberi Kepercayaan Oleh Dpp Ap2ersi Untuk Menjadi Calon Menpera Ri Dalam Kabinet Jokowi-jk  Ahok Tantang Gerindra Ajukan Sarwo Handayani Jadi Cawagub Dki  Warga Kelurahan Petamanan Gang 3 Kota Pasuruan Geger Setelah Adanya Penemuan Sesosok Mayat Anak Perempuan, Pasuruan  Polisi Gagalkan Penyelundupan 600 Liter Arak Bali Ke Banyuwangi  Walhi Ntt Kecam Perusahaan Tambang Beroperasi Ilegal Di Hutan Lindung  Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago Mengakui, Anak Asuhnya Kurang Garang, Sehingga Ditahan Imbang 1-1 Oleh Tamunya Mitra Kukar  Pelatih Mitra Kukar Stefan Hansson, Mengaku Bangga Timnya Bisa Menahan Imbang Tuan Rumah Persipura Jayapura Dengan Skor 1-1  Serahkan Video, Kontras Desak Komnas Ham Panggil Paksa Kivlan Zen  Hamas Tolak Demiliterisasi, Prospek Gencatan Senjata Jangka Panjang Suram  
Portal Berita > Seputar Jogja
Bintek Lpj Dana Bantuan Parpol
Rabu, 20 February 2013 | 05:54 WIB

Bintek LPJ Dana Bantuan Parpol

Yogyakarta, www.jogjatv.tv – Menyusul adanya dana bantuan bagi parpol yang mengikuti pemilu 2014, Badan  Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbanglinmas) DIY memandang perlu adanya kesamaan persepsi dalam penyaluran dan penggunaan dana parpol. Oleh karena itu, Rabu (20/2), Bakesbanglinmas DIY menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Parpol. Acara yang  dikuti oleh 30 orang perwakilan dari 10 parpol tersebut digelar  di kantor Kesbanglinmas, dan dibuka oleh Kabid  Kesbanglinmas DIY, Rusdyanto, mewakili Kepala Kesbanglinmas.

Kabid Kesbanglinmas DIY, Rusdiyanto, mengatakan, pengurus parpol diwajibkan untuk membuat laporan pertanggungjawaban atas penerimaan dan pengeluaran keuangan yang bersumber dari dana bantuan parpol. Selain itu, parpol juga wajib melaksanakan pembukuan dan memelihara buku penerimaan dan pengeluaran atas dana bantuan  keuangan untuk operasional kegiatan pemilu, sesuai dengan  PP nomor. 83 tahun 2012 tentang perubahan atas PP nomor 5 tahun 2009 tentang Bantuan kepada Partai Politik.

Nasiran, petugas dari Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset DIY, yang berlaku sebagai narasumber dalam bintek tersebut, mengungkapkan, bantuan  keuangan bagi parpol digunakan sebagai dana penunjang kegiatan pendidikan politik dan operasional sekretariat partai politik. Kegiatan pendidikan adalah kegiatan yang meliputi peningkatan kesadaran, partisipasi  politik serta peningkatan  kemandirian untuk membangun karakter bangsa. Sedang kegiatan operasional kesekretariatan partai politik meliputi administrasi umum, pemeliharaan data dan arsip, penggalangan dana dan jasa, serta  pemeliharaan peralatan kantor. (Nadi Mulyadi/Riza)