Sampaikan Informasi Atau Kejadian Di Sekitar Anda Ke Redaksi Jogja Tv Melalui Sms: 085 776 561 900 / Fax: 0274-451800  Ka Tabrak Minibus Di Cirebon, Tiga Anggota Polisi Tewas  Tiga Personil Buser Polres Tanjung Priok Tewas Tertabrak Ka Tegal Bahari  Ketua Kpk Sebut Beberapa Calon Menteri Jokowi-jk Terindikasi Korupsi  Jamaah Haji Gelombang Dua Mulai Pulang Ke Tanah Air  Dishub Cabut Trayek Bus Harapan Jaya Maut  Nekat Tanam Padi, Petani Di Karanganyar Gagal Panen  Mahasiswa Pembunuh Waria Di Makassar Divonis 12 Tahun  Sampah Syukuran Rakyat Ditaksir Capai 100 Ton  Dua Orang Pecandu Ganja Warga Umbulharjo, Yogyakarta Ditangkap Polisi Usai Latihan Futsal Di Kawasan Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta  Jokowi Diminta Umumkan Hasil Seleksi Calon Menteri  Ebola Mewabah, Afrika Barat Terancam Krisis Pangan  Muhammadiyah Tegaskan Perkawinan Beda Agama Haram  
Portal Berita > Seputar Jogja
Sri Sultan Desak Perdais Segera Diselesaikan
Rabu, 10 July 2013 | 07:14 WIB

Sri Sultan Desak Perdais Segera Diselesaikan

Yogyakarta, www.jogjatv.tv – Kepada wartawan di Bangsal Kepatihan, Selasa (9/7) siang, Gubernur Pemda DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengungkapkan, Perda Keistimewaan (perdais) yang natinya akan menjadi regulasi pencairan dana keistimewaan 2014 tersbeut pembahasannya berjalan lambat di DPRD DIY. Menurut Sultan, selama ini pihaknya sudah mengajukan rancangan Perdais di DPRD DIY melalui hasil dengar pendapat publik di tingkat kabupaten, kota hingga kelompok masyarakat, namun DPRD DIY justru lamban menindaklanjutinya. Sultan juga mengatakan Perdais tersebut hanya sebagai regulasi pencairan Danais semata, sementara pengawasan Danais akan dilakukan melalui kelembagaan otonom Pemda DIY yang mengawasi 5 komponen keistimewaan DIY.

Sementara itu, Ketua Badan Legislasi Daerah atau Balegda DPRD DIY, Sadar Narimo, mengungkapkan molornya pembahasan perdais di sebabkan beberapa hal. Selain tahun ini dewan harus menyelesaikan 17 usulan perda dari eksekutif maupun dari legislatif. Balegda juga baru menerima surat disposisi dari Ketua DPRD diy UNTUK mengkaji lima  usulan Perdais yang diusulkan eksekutif  tersebut pada bulan April yang lalu. Namun Sadar optimis perdais akan rampung sebelum pembahasan APBN di DPR RI atau pada bulan Oktober mendatang. (Fauzan Ahmad/Rz)